Sabtu, 09 April 2011

Kacang yang Kaya Serat dan Gizi

Mitos :
sebagian orang punya anggapan, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menimbulkan jerawat. Tidak hanya itu, juga dapat menimbulkan asam urat dan sakit batuk.
Fakta  :
Kacang-kacangan telah lama dikenal sebagai sumber protein yang saling melengkapi dengan biji-bijian, seperti beras dan gandum. Selain sebagai sumber protein juga mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat kompleks dan serat makan.
Dibandingkan dengan makanan berserat yang dewasa ini tersedia dalam bentuk makanan suplemen dengan berbagai merek dagang, sebenarnya kacang-kacangan juga dapat dijadikan sumber serat yang tidak kalah mutunya. Juga dibandingkan dengan serat makanan dalam buah-buahan dan sayuran yang dikenal dapat mencegah timbulnya kanker, mutu serat makanan dalam kacang-kacangan juga tidak kalah. Bahkan kacang-kacangan mempunyai keistimewaan lain, yaitu berharga murah, berprotein tinggi, kandungan lemaknya pada umumnya baik untuk kesehatan dan mengandung berbagai mineral dalam jumlah yang cukup banyak.

Banyaknya keunggulan dari kacang-kacangan, antara lain :

1.      Sumber protein yang murah
2.      Kaya asam amino lisin. Jika dicampur dengan biji-bijian, misalnya beras, gandum, jagung, yang kekurangan asam amino lisin, akan membentuk susunan asam amino yang seimbang.
3.      Rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol.
4.      Sumber vitamin B yang baik.
5.      Sumber kalsium, besi, seng, tembaga dan magnesium yang baik. 

www.ebookpangan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar